Panduan Cara Menerima Pembayaran Dari Luar Negeri

Panduan Cara Menerima Pembayaran Dari Luar Negeri

Bank Transfer 

Cara transfer uang dari luar Negeri sangat mudah. Misalnya cara kirim uang dari Singapore ke Indonesia. Anda tinggal pergi ke bank yang ada di Singapore, kemudian lengkapi data-data berikut : Nama bank / nama orang yang dituju / nomer rekening yang dituju / kode SWIFT bank yang dituju+kode cabangnya / alamat cabang bank yang dituju.  Contohnya jika anda ingin menerima pembayaran dari luar negeri ke bank BCA, maka data yang perlu anda berikan kepada pihak Buyer adalah:

BCA / Ian Hastomo Chandra / 8220888123  / CENAIDJA8220  (kode SWIFT +kode cabang dari BCA Rungkut) / BCA Rungkut Surabaya.

Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan mata uang. Karena mata uang yang Anda kirim akan secara otomatis di konversi oleh bank. Biasanya, Lamanya waktu transfer uang dari luar negeri ke Indonesia akan sampai 3-7 hari. Dan akan masuk ke rekening Anda.

Untuk SWIFT dan kode cabang bank yang bersangkutan dapat anda cari langsung menggunakan google. Ketik Saja SWIFT CODE BCA/MANDIRI/BRI dll , demikian juga untuk kode bank yang bersangkutan ketik kode cabang Bca Rungkut.


PAYPAL

Cara Menerima Pembayaran Dari Luar Negeri yang satu ini cukup populer dikalangan para pebisnis untuk bertransaksi dengan pasar international , Cukup simple dan Real TIme dapat segera kita terima. Anda Tinggal membuat akun paypal kemudian anda dapat langsung menggunakannya sebagai media penerima uang. Ada 2 cara yang umum dalam penggunaan paypal:

-Menerima pembayaran dengan cara menerbitkan invoice kepada pihak buyer, perlu diperhatikan bahwa paypal menerapkan sistem fee sebesar 5% dari jumlah invoice yang anda tagihkan . Untuk pasar Usa dan Eropa yang sudah familiar dengan paypall biasanya buyer tidak keberatan dengan tambahan 5% yg dibebankan kepadanya, tapi untuk pasar asia biasanya mereka akan nego untuk fee 5% tersebut, opsinya bisa anda hapuskan dan menanggungnya atau 50/50 dengan buyer.

-Bila Buyer tersebut sudah menjadi langganan anda biasa nya akan ada opsi "Send as Family and Friend" anda tinggal memberikan alamat email paypal anda kepada pihak buyer dan tinggal tunggu uangnya masuk ke akun paypal anda.

untuk pencairan biasanya 3-4 hari menurut notifikasi paypal, tetapi untuk weekdays 1-2 hari sudah masuk, jika mendekati weekend misalnya hari jumat maka uang baru akan mendarat sekitar selasa atau rabu.

PERLU DIPERHATIKAN hindari menyimpan nominal yang terlalu besar di dalam paypal, Karena Bila transaksi anda dianggap mencurigakan tanpa sebab yang jelas oleh paypal uang didalam akun anda akan terbekukan mulai 21-180 hari.


WESTERN UNION

Cara Menerima Uang Dari Luar Negeri mengunakan WESTERN UNION / WU Diperlukan  MTCN dari pengirim .

(Money Tracking Control Number) semacam no resi kalau di JNE.

Perlu tau NAMA PENGIRIM dan dari NEGARA MANA.

Perlu tau JUMLAH UANGNYA.

Perlu membawa KTP kita.

Tempat mengambil uang yang dikirim melalui WU:

Kantor pos AREA KTP KITA.

Bank DANAMON & BCA

Semua bank yang bekerja sama dengan Western Union


Perlu Diperhatikan jika mengambil tunai akan dikenakan beban materai.

-  Bukan merupakan sarana atau media jual beli, jadi jangan menyatakan kepada bank  uang yang kita ambil merupakan hasil transaksi jual beli.

Limit menerima dalam 1 tahun sekitar Rp 200 – 500 juta.

Bisa dikembangkan menjadi Western Union bisnis dikemudian hari.

Ada Fee yang dibebankan pada pengirim.

Per kali kirim jangan terlampau banyak, $1000/$2000 sekali pengiriman bisa kena verivikasi.


MONEYGRAM

Cara Menerima Uang Dari Luar Negeri menggunakan MONEYGRAM .

Moneygram Popular di EROPA untuk mengirimkan uang ke luar EROPA  Konsepnya sama seperti western union (tdk boleh digunakan untuk bertransaksi).

- Butuh Namanya REFERAL NUMBER pada saat pengambilan uang.

- Harus tau TANGGAL LAHIR PENGIRIM.

- Harus tau JUMLAH UANG YANG DIKIRIM.

- Harus tau DARI NEGARA MANA UANG DIKIRIM.

- Ada Fee yang dibebankan pada pengirim.

- Per kali kirim jangan terlampau banyak, $1000/$2000 sekali pengiriman bisa kena verivikasi.

- Perlu membawa KTP kita.

- Untuk ketentuan yang lain hampir sama dengan Western Union.

 



Sumber : https://indoshipping.info/panduan-cara-menerima-pembayaran-dari-luar-negeri-detail-418392